Kamis, 13 Juni 2013

Cara Mencegah Kerusakan Harddisk

Tags




Harddisk adalah sebuah komponen keras (hardware) yang sangat penting bagi sebuah komputer/laptop. Harddisk ini digunakan untuk menyimpan file-file kita di dalam komputer. Selain itu harddisk juga digunakan sebagai tempat penyimpanan OS (Operating System) dan berbagai software yang kita install pada komputer kita. Jika harddisk kita rusak, maka semua file yang sudah dengan susah payah kita dapatkan akan hilang begitu saja. Nah, untuk itulah sekarang ane akan posting tentang Cara Mencegah Kerusakan Harddisk. Pertama yang akan ane jelaskan adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan harddisk rusak.
1. Mematikan/shutdown komputer yang tidak mengikuti prosedur
Hal ini dapat disebabkan jika anda menggunakan komputer atau laptop tanpa baterei kemudian listrik mati seketika.
2. Guncangan pada komputer
Guncangan ini akan menyebabkan head dari harddisk menyentuh bagian yang lain dari harddisk dan dapat menimbulkan gesekan. Gesekan ini akan menyebabkan komponen harddisk kita tergores.
3. Suhu komputer yang terlalu panas
Suhu panas dari komputer akan menyebabkan harddisk kepanasan dan akhirnya akan mengalami overheat (Kelebihan panas).
Nah, Cara Mencegah Kerusakan Pada Harddisk adalah sebagai berikut:
1. Berikan CPU sirkulasi udara yang baik, jika anda menggunakan laptop maka gunakanlah cooling pad, tapi gunakanlah cooling pad yang minim getaran, agar tidak menyebabkan goncangan pada harddisk.
2. Jangan menutup jalan keluarnya angin dari dalam CPU sehingga panas yang ada di dalam dapat keluar.
3. Letakkan komputer atau laptop pada tempat yang suhunya bisa diatur, misalkan pada ruangan yang berAC.
4. Pada PC periksalah kipas dari power supply, pastikan dapat berputar dengan baik.
5. Matikan komputer/laptop sesuai dengan prosedur yang berlaku, jika sering terjadi pemadaman lampu maka gunakan media penyimpan daya cadangan yang bisa digunakan agar komputer tidak langsung mati seketika.
6. Jangan terlalu memberikan gerakan pada laptop saat laptop menyala. Misalkan, kita membawa laptop kita bepergian dengan keadaan laptop yang di sleep. Lebih baik kita shutdown atau hibernate.
7. Lakukan partisi pada harddisk, sehingga file-file kita tidak menumpuk pada satu partisi saja.
8. Jangan dekatkan harddisk pada magnet, karena selain akan merusak harddisk hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada monitor/layar.

Semoga bermanfaat ^^

Blogger
Disqus
Pilih Jenis Komentar

Tidak ada komentar

ikuti Pembaruan Blog ini