Tuesday, August 20, 2013

Tips & Trik Agar Komputer Terhindar Dari Infeksi Virus

Tags



Sebagai pengguna komputer, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah agar komputer kita terhindar dari infeksi virus.

Antara lain berikut caranya :

1.Menginstal Antivirus
   Menginstal antivirus merupakan hal wajib yang harus kita lakukan. Dengan demikian komputer kita mempunyai perlindungan dari ancaman virus. Namun perlu kita ketahui bahwa menginstal antivirus belum menjamin komputer kita akan bebas dari ancaman virus. Saat ini banyak antivirus yang beredar di pasaran yang cukup handal, antara lain: Antivir, McAfee VirusScan, Norton AntiVirus, dan yang telah kita kenal Smadav (antivirus asal indonesia).

2. Update Database Program Antivirus Secara Teratur
    Ratusan virus baru dapat muncul setiap bulannya. Virus baru tersebut dilengkapi dengan kemampuan untuk menghindar dari pantauan antivirus. Karena itu kita harus meng-update database dari program antivirus yang kita gunakan. Update database tersebut diperlukan agar antivirus kita mampu mengenali virus-virus yang baru muncul. Database terbaru antivirus dapat kita lihat dan download di website perusahaan pembuat antivirus yang kita gunakan ( contohnya antivirus Smadav di www.smadav.com )

3. Berhati-hati Menjalankan File Baru
    Kebanyakan virus menyebar melalui file-file yang diikutkan bersama email (attachment file) dan file-file yang didownload di Internet. Bila kita mendapat email yang mempunyai file attachment kita harus hati-hati sebelum menjalankan file tersebut, sekalipun file tersebut berasal dari orang yang kita kenal. Bisa saja file tersebut dikirim oleh virus kepada kita karen komputer dari orang yang kita kenal tersebut sudah dijangkiti virus. Sebaiknya kita menscan terlebih dahulu file tersebut sebelum menjalankannya. Atau jika kita ragu-ragu lebih baik dihapus saja.

4. Mewaspadai Kerusakan Sejak Awal
    Bila komputer kita mulai menunjukkan hal-hal aneh , misalnya harddisk yang tiba-tiba penuh, kecepatan menurun drastis, munculnya masalah pada program , dan sebagainya, ini mungkin gejala bahwa komputer kita telah diinfeksi oleh virus. Bila ini terjadi kita harus waspada sejak awal sebelum kerusakan yang lebih parah terjadi.

5. Membuat Backup Data Secara Teratur
    Bila komputer kita berisi data-data dan file-file yang penting, kita perlu membuat backup untuk file-file dan data-data tesebut secara berkala dan teratur. Dengan demikian , bila komputer kita terserang virus , kita tidak kehilangan data-data dan file-file penting itu.

    Fenomena penggunaan IT terutama internet dapat menjadi dua mata pisau yang sama tajamnya bagi si pengguna. Satu sisi bernilai kebaikan, kemudahan, kepopuleran yang baik, sebaliknya banyak yang menjadi korban atas penggunaan IT baik oleh ulah sendiri maupun karena orang lain.

Itulah sedikit Trik Agar Komputer Terhindar Dari Infeksi Virus !
Semoga bermanfaat!!!

Blogger
Disqus
Pilih Jenis Komentar

No comments

Artikel Unggulan

Cara VIP Gratis Smule Di Android & Iphone Tanpa Root

ikuti Pembaruan Blog Kami