Friday, February 14, 2014

Cara Mudah Mengambil Screenshot Layar di Android




Pernahkah Anda ingin menunjukkan sesuatu yang terjadi di layar smartphone Anda? Saat-saat itulah dibutuhkan fitur screenshot, yaitu kemampuan untuk mengambil gambar yang terjadi pada layar Anda saat itu.

Fitur ini dibutuhkan untuk banyak orang seperti para pengembang aplikasi, membutuhkan fitur ini untuk membuat dokumentasi aplikasi mereka, penulis juga membutuhkan screenshot sebagai pelengkap tulisan online mereka, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Bila Anda membutuhkan fitur ini dan Anda kebetulan adalah pengguna smartphone Android, berikut ini cara mudah mengambil screenshot pada Android.

Cara menangkap gambar ini biasany melibatkan proses menekan dua tombol dari perangkat Android Anda. Entah itu tombol Volume turun dan tombol Power atau tombol Home dan tombol Power. Ketika tombol yang dimaksud ditekan, layar perangkat Anda akan berkilat dan biasanya diiringi suara penangkapan gambar pada kamera dan biasanya pesan akan muncul di layar menginformasikan bahwa proses screenshot berhasil.

Ada juga kemungkinan cara lain yakni dengan menekan dan menahan tombol Power hingga sebuh jendela menu keluar. Kemungkinan selain pilihan untuk mematikan perangkat, mematikan koneksi, ada juga pilihan untuk mengabil screenshot. Namun setiap model smartphone Android memiliki caranya sendiri-sendiri.

Berikut ini beragam caranya.

1. Untuk Hp Samsung

Perangkat dengan tombol Home fisik

Bila perangkat Anda termasuk perangkat yang memiliki tombol Home fisik, Anda bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol “Home” bersamaan dengan tombol “Power”. Tekan tombol hingga layar gadget Anda berkilat dan muncul notifikasi bahwa screenshot sudah tertangkap.

Perangkat tanpa tombol Home fisik

Perangkat Samsung seperti Samsung Galaxy Note 10.1 dan Galaxy Camera tidak memiliki tombol Home fisik. Untuk perangkat seperti ini dan yang sejenis kombinasi tombol yang ditekan untuk mengambil screenshot adalah tombol “Volume” naik dan tombol”Power”. Tahan tombol-tombol ini hingga gambar terambil.

Perangkat seperti Galaxy Note 10.1 juga memiliki tombol quick launch yang bisa difungsikan menjadi shortcut screenshot. Tombol quick launch ini terletak di sebelah kanan tombol virtual “Multitasking” di menu navigasi virtual.

Perangkat dengan S Pen

Gadget Android Samsung yang menggunakan S Pen seperti seri Galaxy Note, dapat menggunakan S Pen-nya untuk mengambil gambar screenshot. Caranya adalah dengan menekan tombol S Pen dan sentuhkan S Pen ke layar. Maka layar akan berkedip dan biasanya gambar screenshot akan terbuka otomatis.

Perangkat dengan dukungan gerakan tangan

Mayoritas gadget Samsung kelas atas dapat mengambil gambar screenshot hanya dengan menyapukan layar dengan sisi tangan kita. Untuk membuka fitur ini Anda harus membuka “Settings” lalu “Motion “ dan aktifkan pilihan “Palm swipe to capture”.

2. Untuk Hp HTC

Pada perangkat Android HTC, cara menangkap gambar screenshot masih serupa dengan produk Samsung yakni melibatkan tombol Home dan tombol Power. Namun cara mengekseskusinya sedikit berbeda yakni dengan menekan dan menekan tombol ”Power” terlebih dahulu lalu tekan tombol “Home” dengan cepat. Layar akan berkedip dan akan terdengar suara kamera. Notifikasi juga akan muncul menunjukkan gambar screenshot sudah disimpan.

3. Untuk Hp Sony Experia


Pada perangkat Android Sony Xperia kombinasi tombol yang digunakan adalah tombol “Volume” turun dan tombol “Power”. Caranya sama dengan versi Samsung yakni dengan bersamaan menekan tombol-tombol tersebut maka layar akan berkedip dan akan muncul notifikasi jika pengambilan screenshot berhasil.

Alternatif lain adalah dengan menekan dan tahan tombol “Power” dan memilih pilihan “Take Screenshot”.

4. Untuk HP LG

Pada perangkat Android produksi LG kombinasi tombol yang digunakan adalah “Volume” turun dan “Power”. Tekan dan tahan tombol-tombol ini hingga layar berkedip dan terdengar suara jepret kamera.notifikasi juga akan muncul di menu notifikasi setelah gambar berhasil tertangkap.

Anda juga bisa mengambil screenshot melalui Quick Memo, di mana bisa secara cepat menangkap gambar dan mengeditnya. Anda bisa mengaktifkan Quick Memo dari laci notifikasi dan setelah diaktifkan, layar editing akan muncul. Anda kini dapat menambah tulisan pada layar dan tekan gambar floppy disk untuk menyimpan gambar.

5. Untuk HP Nexus

Untuk perangkat Android Google Nexus caranya sama dengan LG yakni dengan menekan tombol Volume turun dan tombol Power hingga terdengar suara jepret kamera. Ikon screenshot akan berkedip cepat dan akan muncul juga notifikasi menandakan bahwa pengambilan gambar berhasil.

Pengambilan gambar screenshot pada Android amat mudah hanya perlu tahu caranya pada masing-masing model perangkat. Dengan screenshot Anda bisa dengan mudah berbagi apa yang terjadi pada layar Andorid Anda.

Sekian Artikel Cara Mengambil Gambar Layar Di Android

Semoga Bermanfaat

Blogger
Disqus
Pilih Jenis Komentar

No comments

Artikel Unggulan

Cara VIP Gratis Smule Di Android & Iphone Tanpa Root

ikuti Pembaruan Blog Kami