Monday, June 10, 2013

Tips Aman Berinternet di Jaringan Hotspot Publik

Tags




Mungkin tips ini sudah sering ditulis tapi alangkah baiknya jika saya tulis kembali berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan selama saya online via Wifi Umum.
Jaringan Hotspot Publik disini maksudnya adalah jaringan internet publik yang dapat diakses secara umum oleh masyarakat. Jaringan ini menggunakan fasilitas Wifi yang dipancarkan oleh suatu modem yang jarak aksesnya beberapa ratus meter saja.
Mungkin bagi kalian yang sering online gratis via jaringan wifi ini haruslah ekstra hati-hati. Mungkin kalian juga pernah kehilangan akun facebook atau status facebook bahkan jejaring sosial kalian berubah dengan sendirinya atau mungkin juga bagi yang suka main game Poker tiba-tiba chip Pokernya lenyap tanpa sebab. Jika kalian merasa pernah mengalami hal tersebut maka kemungkinan besar kalian terkena sniffing dari seseorang yang iseng pada jaringan wifi publik yang tengah anda nikmati tersebut.
Sniffing adalah proses pencurian paket-paket data yang keluar masuk dari computer anda ke portal jaringan yang tengah anda gunakan. Paket-paket data tersebut biasanya dianalisa sehingga mereka bisa membaca data-data yang tengah anda kirim, termasuk user name dan password akun anda.
Baiklah sekian dahulu pendahuluan dari kami, maka selanjutnya kita akan membahas bagaimana Tips Aman Berinternet di Jaringan Hotspot Publik. Simaklah tips yang akan kami paparkan berikut ini :

Sebelum online Pastikan Firewall Komputer Atau Laptop Anda Hidup
Mungkin sebagian dari anda banyak yang menganggap remeh soal firewall yang tidak dihidupkan. Karena sesungguhnya Firewall dapat mencegah virus-virus, worm, trojan atau backdoor yang akan masuk ke computer anda selama anda Online.
Selalu Update Antivirus Anda
Mungkin anda juga menganggap remeh soal antivirus anda, sehingga anda cenderung tidak mengupdatenya. Sesungguhnya itu adalah hal yang salah, karena umumnya antivirus yang beredar saat ini telah dilengkapi dengan fitur pengaman Internet Security. Anda bisa menggunakan Norton, AVG, Kasperky, Nod32, Microsoft Essential, Avira, BitDefender, dll.
 Jangan Save Password Anda pada Browser
Banyak dari kita yang tidak mengindahkan hal tersebut, karena seandainya computer berhasil di remote oleh seseorang, maka orang tersebut juga punya akses ke hasil simpanan kita yang ada dibrowser.
Gunakanlah VPN
VPN atau Virtual Privat Network merupakan layanan pihak ketiga yang memungkinkan kita dapat berinternet dengan aman meskipun kita sedang berada dijaringan yang kurang aman. VPN tidaklah gratis biasanya dijual dengan harga tertentu, yang gratis ada juga beredar tapi hati-hati jangan-jangan itu cuma kamuflase untuk mengecoh anda

SEMOGA BERMANFAAT

Blogger
Disqus
Pilih Jenis Komentar

No comments

Artikel Unggulan

Cara VIP Gratis Smule Di Android & Iphone Tanpa Root

ikuti Pembaruan Blog Kami